Jumat, 04 Agustus 2017

Putsa Apel India

Bibit Putsa Apel India -Mungkin belum banyak dari anda yang mendengar nama buah ini, namun meskipun tidak setenar jenis apel-apel lain buah ini memiliki bentuk yang unik, rasa yang manis dan mampu berbuah sepanjang waktu tanpa mengenal musim.
Tanaman buah putsa apel India memang belum terkenal seperti jenis apel lainnya, hanya segelintir orang yang membudidayakan jenis apel ini. Tanaman buah putsa apel India merupakan tanaman perdu semak yang dapat mencapai tinggi 15 meter dengan buah yang bervariasi bentuknya dari berbentuk oval, bundar, atau semi bulat dengan diameter 2,5 sampai 6 cm. warna buah putsa hijau muda saat belum matang dan akan berubah menjadi kekuning kuningan saat matang, daging buahnya berwarna putih dengan rasa yang manis dan renyah.
Selain dari rasa dan bentuknya yang unik, yang menjadi perbedaan antara apel putsa dengan apel lainnya adalah jumlah bijinya. Juka apel lain memiliki biji 2-4 berukuran kecil di dalam buahnya, apel putsa hanya memiliki satu biji namun berukuran besar. Isimewanya lagi, tanaman buah putsa ini menhasilkan buah tanpa mengenal musim dan terkenal akan ketangguhan tanamannya diberbagai kondisi.
Selain memiliki keunggulan rasa, buah putsa atau apel iIndia ini juga memiliki berbagai manfaat terutama bagi kesehatan.


Bibit Putsa Apel India

Berikut beberapa manfaat dari buah putsa:

  • Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis dengan kandungan flavonoid dan boron di dalam buah ini
  • Bisa mencegah penyakit asma atau meringankan penyakit asma
  • Bisa mencegah kanker paru-paru dengan andungan flavonoid, quercetin dan naringin yang terkandung dalam buah apel putsa
  • Bisa membantu proses diet, dengan kandungan serat dan gula buahnya yang kompleks diserap tubuh secara bertahap membuat anda merasa kenang lebih lama sehingga bisa mengurangi porsi makan
Tanaman buah putsa apel India ini bisa tumbuh dengan baik di Indonesia, tanaman buah putsa ini umbu optimal di dataran rendah dengan intensitas cahaya yang tinggi dan suplai air yang cukup. Tanaman buah putsa ini bisa ditanaam di lahan kebun maupun di dalam pot. Untuk penanaman di lahan kebun, lahan yang dipilih haruslah lahan yang bebas dari rumput liar, memiliki intensitas cahaya matahari langsung yang tinggi. Tanah yang disukaitanaman buah putsa adalah tanah yang memiliki banyak unsur hara dan tidak terlalu basah maupun terlalu kering. Untuk lubang tanam bisa dibuat dengan ukuran 50X50X50 cm, tanah galian lubang ditambahkan pupuk kandang yang sudah terfermenasi dan sekam guna menutup lubang tanam. Lubang tanam dan campuran tanah dibiarkan selama 3 hari. Setelah 3 hari bibit tanaman buah putsa bisa ditanam kemudian tutup lubang tanam dengan campuran tanah yang sudah disiapkan dan dipadatkan secukupnya agar tanaman bisa berdiri kokoh.


Pemupukan dilakukan setiap satu bulan sekali dengan pupuk NPK buah 20 butir dan 1 kg ppupu kandang untuk setiap pohonnya. Jangan lupa untuk menyiram tanaman setiap pagi dan sore secukupnya, bila musim hujan intensitas penyiraman dikurangi agar akar tanaman tidak membusuk. Saat sudah mencapai umur 1-2 tahun tanaman buah putsa sudah bisa berbuah, untuk mempercepat produksi buahnya bisa dilakukan pemangkasan. Seminggu sebelum dilakukan pemangkasan berikan pupuk NPK seimbang dengan komposisi 16:16:16. Selang satu bulan, phutsa akan mulai berbunga selang 3 bulan setelah pemngakasan, phutsa akan mulai berbuah, lakukan secara rutin untuk merangsang tumbuhnya tunas dan bunga yang baru.



Stok ready Info Bibit Bisa Hub
Ke No
08522903484

Tidak ada komentar:

Posting Komentar